Auguste Comte

Auguste Comte (Nama Panjang : Isdore Maire Auguste Francois Xavier Comte. Lahir pada 17 Januari 1798. Wafat pada 5 September 1857. Dan mempunyai seorang istri yang bernama Caroline Massin. Dia adalah adalah seorang ilmuan dari perancis yang di juluki sebagai “Bapak Sosiologi”. Dia dikenal sebagai orang pertama yang mengaplikasikan metode ilmiah dalam ilmu sosial.
Comte lahir di Montenpelleir, sebuah kota kecil di bagaian barat daya dari Negara perancis. Dia melanjutkan pendidiknya di Politeknik Ecole di Paris. Pada tahun 1818 Politeknik tersebut di tutup. Comte pun meninggalkan Ecole dan melanjutkan pendidikannya di sebuah kedokteran di Montenpelleir.
Tak lama kemudian ia melihat sebuah perbedaan yang moncolok antara agama katolik yang ia anut dengan pemikiran keluarga monarki yang berkuasa sehingga ia terpaksa meninggalkan paris. Ia kemudian bekerja sebagai sekertaris Saint Simon selama 6 tahun.
Kehidupan Intelektual
1. Selama bekerja dengan Saint-Simon melahirkan beberapa karya, yang terpenting adalah artikelnya tentang system politik baru dimana ilmuan akan menggantikan pendeta dan industrialis akan mengantikan tentara.
2. Selama proses penyembuhan mental mengahasilkan karya monumentalnya Course of Positive Philosophy (1830-1842).
3. Antar 1851-1854, saat ini ia menuliskan A System of Positive Polity (4 Jilid).
Ide-Ide Penting Low of There Phases, bahwasanya perkembangan masyarakat meliputi 3 tahapan :
1. Teologis : Posisi seseorang dalam masyarkat dan aturan-aturan dimasyarakat didasarkan pada kekuasaan tuhan (Supernatural Power): Fetisisme, Polytheisme, dan Monotheisme.
2. Metafisika / Abstrak : Ide justifikasi terhadap hak-hak universal diatas aturan-aturan manusia. Masyarakat Mulai mempertnyakan tradisi-tradisi yang ada.
3. Scientific / Ilmiah : Masyarakat Mampu menghadirkan solusi terhadap problem sosial dengan mendasarkan pada pengembangan ilmu pengetahuan.
Teori ini merupakan salah satu teori pertama yang membahas tentang evolusi sosial. Comte kemudian membedakan antara Sosiologi Statis dan Sosiologi Dinamis.
Sosiologi Statis memusatkan perhatian pada hukum-hukum statis yang menjadi dasar adanya masyarakat Sosilogi dinamis memusatkan perhatian tentang perkembangan masyarakat arti pembangunan. Dalam Positive Philosophy, comte memperkenalkan pentingnya hubungan antara teori, praktek,dan pemahaman manusia realitas.
Rintisan comte tersebut disambut hangat oleh masyarakat luas, tampak dari tampilannya sejumlah ilmuan besar di bidang-bidang sosiologi. Mereka antara lain Herbert Spencer, Karl Marx, Emile Durkheim, Ferdinan Tonnies, Georg Simmel, Max Weber dan Pitirim Sorokin (Semuanya berasal dari Eropa). Masing-masing berjasa besar menyumbangkan beragam pendekatan mempelajari masyarakat yang amat berguna untuk perkembangan Sosiologi.
a. Herbert Spencer memperkenalkan pendekatan analogi organic, yang memahami masyarakat seperti tubuh manusia, sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian-bagian yang tergantung satu sama lain.
b. Karl Marx memperkenalkan pendekatan materialisme dialektis, yang menganggap konflik antar kelas social menjadi intisari perubahan dan perkembangan masyarakat.
c. Emile Durkheim memperkenalkan pendekatan fungsionalisme yang berupaya menelusuri fungsi berbagai elemen sosial sebagai pengikat sekaligus pemelihara keteraturan social.
d. Max Weber memperkenalkan pendekatan verstehen (Pemahaman), yang berupaya menelusuri nilai, kepercayaan, tujuan dan sikap yang menjadi penuntun prilaku manusia.
B. Bapak Sosiologi
Auguste Comte Dikenal sebagai Bapak Sosiologi karena mengenalkan istilah “Sosiologi”. Selain itu juga Comte mengklaim bahwa kehidupan social punya karakteristik karenanya memiliki hukumnya sendiri dan harus di akui sebagai domain yang terpisah. Kemudian menggagas Social Statics (Struktur Sosial) dan Social Dynamics (Perubahan Sosial) sebagai cabang utama dalam sosiologi Di samping itu juga, kontribusinya tentang apa yang di kenal “Law Of The There Stages”, dan masih banyak yang lainya.
Berikut ini definisi-definisi sosiologi yang dikemukakan beberapa ahli :
1. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf
Sosiologi adalah Penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.
2. Max Weber
Sosiologi adalah Ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.
3. Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah Ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan tersebut.
4. Soejono Sukamto
Sosiologi adalah Ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyaraktan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
5. William Kornbium
Sosiologi adalah Suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan prilaku social anggotanya dan menjadikan masrakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.
Dari berbagai definisi diatas, maka dapat di simpulkan bahwa :
Sosiologi adalah Ilmu yang membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini, khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat serta berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional empiris serta bersifat umum.
Pokok Bahasan Sosiologi
1. Fakta sosial adalah Cara bertindak, dan berperasaan yang berada di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa dan mengendalikan indivudu tersebut.
2. Tindakan Sosial
Tindakan Sosial adalah Suatu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan prilaku orang lain.
3. Khayalan Sosiologis
Khayalan Sosiologis Di perlukan untuk dapat memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia.
4. Realitas Sosiologi harus bisa menyikap berbagai tabir dan mengungkap tiap helai tabir menjadi suatu realitas yang tidak terduga.
Catatan :
Sejarah Mencatatat bahwa Emile Durkheim, ilmuan sosial Perancis yang kemudian berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplin akademis. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Published in: on March 17, 2010 at 6:39 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://danankphoenix.wordpress.com/2010/03/17/auguste-comte/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: