Fly Over Ciputat

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam mencapai masyarakat yang lebih tinggi derajatnya dan modern di perlukan pendidikan dan tingkat kelancaran lalu lintas yang baik. Meskipun dalam pelaksanaan belum adanya pemerataan dalam bidang tersebut. Oleh karena itu, ketika daerah ciputat sedang mengalami pertumbuhan yang pesat dangan keadaan pasar ciputat yang macet yang selalu menggangu danmenghambat jalannya mobilitas penduduk. Pada waktu sibuk yaitu pagi dan sore terjadi kemacetan yang panjang dan siang hari terasa hawa yang sangat panas dan menyengat.
Pembangunan daerah ciputat demi peningkatan kualitas manusia dan masyarakatnya yang dilakukan secara berkelanjutan berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Pembangunan daerah membawa masyarakat Indonesia ke arah mordenisasi di segala bidang.
Akan tetapi, akibat lebih mengutamakan pertumbuhan pendidikan pada tahun 2002. Demi untuk memperbaiki mutu pendidikan. Setelah gedung-gedung dan fasilitas umum dibangun sumber daya manusia yang digunakan, ditingkatkan ini semua bisa dilihat pada tahun 2007 terjadi pembangunan flay over di ciputat. Semua itu, Berkaitan dengan mental masyarakat yang tidak disentuh program pembangunan.
Pembangunan mental masyarakat berkaitan erat dengan pembengunan bidang pendidikan. Sebagaimana tercantum dalam UU No.25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Nasional.Tahun 2000-2004 Bidang Pendidikan diuraikan bahwa saat ini pendidikan nasional masih dihadapkan pada beberapa permasalahan menonjol bahwa saat ini pendidikan nasional masih dihadapkan pada beberapa permasalahan menonjol yaitu, (1) Masih rendahnya pemerataan memperoleh pendidikan , (2) Masih rendahnya kualitas dan relevasi pendidikan dan , (3) Masih lemahnya manjemen pendidikan disamping belum terwujutnya kemandirian dan keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi dikalangan akademisi .
Ketimbangan pemerataan pendidikan juga terjadi antar wilayah geografis, yaitu antara perkotaan dan pedesaan, antar tingkat pendapatan penduduk atau antar gender.
Ketimbangan pemerataan, terutama dibidang pendidikan yang rendah akan berakibat pembangunan sumber daya manusia belum bisa ditingkatkan taraf hidup. Jika taraf hidup libih baik, status ekonomi mereka pun akan membaik. Golongan masyarakat dengan status social ekonomi yang baik akan menginginkan pendidikan bagi anak-anaknya yang lebih baik dan berkualitas. Begitu pula, sarana transportasi yang sangat berpengaruh pada peningkatan pertumbuhan pembangunan.
Manakah yang lebih dahulu, antara pendidikan dengan pembangunan transpotrasi yang nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kualitas taraf hidup masyarakat ciputat. Kajian ini merupakan suatu bahan pembicaraan yang sudah lama dilakukan.
Pada awal-awal tahun 2007 ciputat mengadakan pembangunan flay over. Pembangunan tersebut guna membantu kelancaran transportasi lalu lintas. Semua itu, merupakan proses yang memakan waktu yang cukup lama atau panjang. Jadi, pda masa pembangunan flay over harus ada yang dikorbankan yaitu; 1) Pembersihan ruko-ruko yang dipinggir jalan, 2) Perusakan jalan guna pengeboran, disamping itu, kemacetan di ciputat akan bartambah. Oleh karena itu kajian tentang mobilitas social yang terjadi antar generasi merupakan satu hal penting dilakukan.
Masyarakat daerah ciputat yang multikultur, akan memiliki cara-cara tersendiri dalam melakukan mobilitas social. Untuk mengetahui pengaruh pembangunan flay over ciputat dengan keterlambatan hadirnya siswa, khususnya SMA Triguna Utama ciputat. Untuk melihat dan lebih memfokuskan penlitian akan diambil dari data keterlambatan siswa SMA Triguna Utama untuk melihat pengaruhnya pembangunan flay over.
Dalam analisis ini penulis kan mengangkat permasalahan sebagai objek penelitian secara kritis dan kompratif. Penulis dalam hal ini juga mengunakan pengamatan dengan data yang lengkap agar karya tulis ini disajikan dengan baik dan benar.Penulis mengangkat keterlambatan hadir sisiwa SMA Triguna Utama dengan pengaruh dari pembangunan flay over ciputat. Alasan dibuatnya karya tulis ini adalah untuk mengadakan analisis. Dalam karya tulis ini diberi nama judul “ Keterlambatan hadir siswa SMA Triguna Utama dengan kemacetan pembangunan flay over ciputat. Karya tulis ini pun dapat bermanfaat bagi pembaca apresiasi sebagai informasi dan pengetahuan.

B. Rumusan Masalah
Dari uraian tersebut, dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana dampak kehadiran (keterlambatan) hadir siswa SMA Triguna Utama dengan pembangunan flay over ciputat?
2. Bagaimana situasi kemacetan/kelancaran pasar ciputat dengan pembangunana flay over ciputat?

C. Hipotesis
Semakin tinggi kepadatan lalu lintas pasar ciputat, ketidak disiplinan dan pembangunan flay over ciputat. Semakin bertambahnya kemacetatn pasar ciputat, sehingga meningkatnya daftar keterlambatan siswa SMA Triguna Utama ciputat.

D. Pembatasan Masalah
Dalam tugas ini, peneliti hanya menitik beratkan kepada masalah keterlam batan siswa SMA Triguna Utama ciputat akibat pembangunan flay over ciputat.

BAB II
METODOLOGI PENELITIAN

A. Jenis dan Lokasi Penelitian .
Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey. Artinya penelitian ini yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang sama atau sejenis dari berbagai orang terutama documenter dan kuesioner.Untuk memperoleh tingkat generalisasi yang tinggi biasanya digunakan jumlah.
Untuk melihat keterlambatan siswa pada keterlambatan kehadiran siswa di SMA Triguna Utama yang bisa menampilkan data yang diperlukan.

B. Objek penelitian
Populasi untuk penelitian ini akan diambil dari satu kelas yang bisa mewakili keberagaman responden. Sempel yang diambil lebih spesifik lagi adalah siswa SMA Triguna Utama kelas XII IPS yang terdapat 36 siswa.

C. Teknik pengambilan sample
Teknik pengambilan sempel menggunakan sempel acak sederhana ( sempel random samping ) artinya setiap subjek penelitian memiliki kemungkinan yang sama untuk menjadi sample.

D. Metode Pengolahan dan Analisis Data
Penelitian ini merupakan penilitian survey sehingga memerlukan responden yang besar jumlahnya untuk bisa menggeneralisir permasalahan yang diujikan. Untuk itu, akan digunakan instruman penelitian berupa kuesioner, pengamatan dan angket.

Published in: on March 31, 2010 at 2:20 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://danankphoenix.wordpress.com/2010/03/31/fly-over-ciputat/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: