Kejujuran

ص.م قَالَ: اَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا, وَمَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ, حَتَّى يَدْعَهَا: اِذَا اَوْتُمِنَ خَانَ, وَاِذَا حَدَّثَ كَذَبَ, وَاِذَا عَاهَدَ غَدَرَ, وَاِذَا خَاصَمَ فَجَرْ (متفق عليه)
Dari Abdullah bin Amr bin ra. Bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda: “ Ada empat hal yang barang siapa yang terjatuh ke dalamnya, berarti ia adalah orang munafik sejatih. Dan barang siapa terjerumus salah satu sifat kemunafikan, sampai ia mau meninggalkan sifat itu. Empat hal (sifat ) itu; apabila dipercaya, ia berkhianat. Apabila berbicara, ia berdusta, Apabila berjanji ia ingkar dan Apabila bermusuhan ia berbuat jahat”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sanad
عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرِوبْنِ الْعَاصِ رَضِى اللهُ عَنْهُمَا, اَنَّ رَسُوْلُ الله ص.م قَالَ
Dari Abdullah bin Amr bin ra. Bahwasanya Rasulullah SAW

Matan
: اَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا, وَمَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ, حَتَّى يَدْعَهَا: اِذَا اَوْتُمِنَ خَانَ, وَاِذَا حَدَّثَ كَذَبَ, وَاِذَا عَاهَدَ غَدَرَ, وَاِذَا خَاصَمَ فَجَرْ
Ada empat hal yang barang siapa yang terjatuh ke dalamnya, berarti ia adalah orang munafik sejatih. Dan barang siapa terjerumus salah satu sifat kemunafikan, sampai ia mau meninggalkan sifat itu. Empat hal (sifat ) itu; apabila dipercaya, ia berkhianat. Apabila berbicara, ia berdusta, Apabila berjanji ia ingkar dan Apabila bermusuhan ia berbuat jahat

Mukhrij
HR. Bukhari dan Muslim

Kosa kata
خَالِصًا = sejatih
فَجَرْ = jahat
غَدَرَ = ingkar
كَذَبَ = dusta
خَانَ = berkhianat

Terjemah
Dari Abdullah bin Amr bin ra. Bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda: “ Ada empat hal yang barang siapa yang terjatuh ke dalamnya, berarti ia adalah orang munafik sejatih. Dan barang siapa terjerumus salah satu sifat kemunafikan, sampai ia mau meninggalkan sifat itu. Empat hal (sifat ) itu; apabila dipercaya, ia berkhianat. Apabila berbicara, ia berdusta, Apabila berjanji ia ingkar dan Apabila bermusuhan ia berbuat jahat”.

Penjelasan
Salah satu bentuk kezhaliman yang dilakukan manusia adalah kemunafikan. Bentuk- bentuk kemunafikan itu antara lain adalah berbohong, ingkar janji dan berkhianat. Siapa saja yang sudah termasuk dalam perbuatan tersebut maka ia sudah tergolong sebagai orang-orang yang munafik. Rasulullah saw. melarang umatnya untuk tidak berbuat sifat kemunafikan itu.
Sifat-sifat kemunafikan seperti berbohong, ingkar janji, berkhianat dapat merugikan banyak orang, apalagi banyak sekarang ini yang sudah termasuk ke dalam sifat ini, dari mulai orang kecil hinga wakil-wakil rakyat. Sifat-sifat ini sudah banyak terlihat dan kita rasakan seperti korupsi yang meraja rela sekarang ini karena akibat orang berbuat bohong, ingkar janji dan berkhianat kepada rakyat yang telah mereka berikan janji dan sumpah-sumpah yang telah mereka ingkari.

Kesimpulan
• Hukum yang terkandung
Bahwasannya manusia itu dilarang untuk berbohong, ingkar janji, dan berkhianat. Karena Rasulullah saw, melarang dan mengharamkan umatnya untuk tidak terjerumus dalam sifat-sifat kemunafikan.
• Penjelasan yang dapat diambil
Rasulullah saw, melarang dan mengharamkan umatnya untuk tidak terjerumus dalam sifat-sifat kemunafikan seperti berbohong, ingkar janji, dan berkhianat.
• Intisari
 Menjelaskan sifat-sifat munafik
 Rasulullah saw Menggolongkan ciri-ciri orang munafik
 Larangan untuk melakukan sifat-sifat munafik

Rujukan
Kitab asli Riyadhus Shalihin
Terjemahan Riyadhus Shalihin

Published in: on April 4, 2010 at 2:35 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://danankphoenix.wordpress.com/2010/04/04/kejujuran/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: