HAKIKAT, FENOMENA DAN KOMENTAR TENTANG IDUL FITRI

Hakikat Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, tak bisa dipisahkan dengan tradisi mudik atau pulang kampung. Idul Fitri seharusnya dimaknai sebagai ‘Kepulangan seseorang kepada fitrah asalnya yang suci‘ sebagaimana ia baru saja dilahirkan dari rahim ibu. Idul Fitri seharusnya dimaknai sebagai ‘Kepulangan seseorang kepada fitrah asalnya yang suci‘ sebagaimana ia baru saja dilahirkan dari rahim ibu.
Fenomene Idul Fitri
Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, tak bisa dipisahkan dengan tradisi mudik atau pulang kampung yang banyak dilakukan oleh seluruh kota besar di Indonesia. Selain itu banyak orang yang mempersiapkan diri untuk menyambut hari raya tersebut. Mulai dari membeli baju baru, membuat kue lebaran, bahkan sampai ada yang menggadaikan emas ataupun barang – barang berharga yang dimilikinya hanya untuk membeli semua itu.
Komentar Idul Fitri
Idul Fitri adalah hari raya yang datang berulangkali setiap tanggal 1 Syawal, yang menandai puasa telah selesai dan kembali diperbolehkan makan minum di siang hari. Ketika telah Idul Fitri dan berakhirnya puasa biasanya banyak orang yang seharusnya terlatih untuk menjalankan semua perintah Allah SWT ketika Ramadhan tapi malah meninggalkannya. Banyak orang-orang yang meninggalkan perintah-Nya, seperti meninggalkan sholat, meninggalkan baca Al-Qur’an dan masjid-masjid pun menjadi sepi tidak seperti ketika Rammadah. Seharusnya setelah Idul Fitri masyarakat telah terbiasa menjalankan perintah Allah dan selalu menjalankan perintah-Nya setelah Idul Fitri seperti ketika bulam Rammadah, menjalankan perintah-Nya dengan penuh semangat.

Published in: on April 24, 2010 at 4:36 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://danankphoenix.wordpress.com/2010/04/24/hakikat-fenomena-dan-komentar-tentang-idul-fitri/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: