Analisis Film RANN

“When a voice of conscience cannot be heard and when democracy is remote controlled will we ever know the truth?” sebuah kalimat yang sangat menyentuh. Televisi dapat merubah pikiran, kultur, nilai serta norma-norma suatu masyarakat. Menurut saya, Film Rann merupakan film yang harus ditonton karena masyarakat sendiri adalah sebagai control social dalam segala bidang politik. Dalam film terlihat dan berceritakan tentang dunia media televisi mengenai informasi tentang kebenaran atau kebohongan yang terjadi dalam masyarakat.

Ada beberapa teori media komunikasi dalam Film Rann, antara Agenda Setting dan Cultivation. Hal yang pertama dilihat di sini terdapat pengaturan tayangan dalam media televisi ketika Mohan melakukan kejahatan, kebohongan atau kecurangan dalam politiknya dan menggunakan televisi sebagai alat dalam mempengaruhi public terhadapnya. Dalam peristiwa pertama ini public sempat terpengaruh opininya dengan adanya berita tentang kebaikan Mohan dari televisi tersebut, hal ini menurut saya adalah salah satu dampak dari teori Cultivation. Padalah hasil dari penyiaran tentang kebaikan Mohan dan yang sebenarnya adalah terbalik dari fakta yang ada.

Dalam Film Rann terjadi kembali menjelaskan betapa mudahnya masyarakat mempercayai dan dipengaruhi oleh media televisi ketika Vijay melakukan pemberitaan tentang Mohan tentang kebenaran siapa dirinya sebenarnya. Pemberitaan tersebut merupakan hal yang mengejutkan masyarakat dan telah di rencanakan oleh Vijay. Pemberitaan tersebut akhirnya kembali dapat merubah opini public tentang Mohan yang teryata bohong terhadap masyarakat dan membalikan fakta.  Semua yang telah diberitakan telah memengaruhi kultur, pengetahuan masyarakat tentang politik yang ada di cerita.

Published in: on February 13, 2011 at 4:37 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://danankphoenix.wordpress.com/2011/02/13/analisis-film-rann/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: