TIM KERABAT KERJA

Dalam proses produksi acara berita, pertama-tama diadakan rapat redaksi yang dipimpin oleh pemimpin redaksi dan dihadiri oleh produser eksekutif, produser, direktur pemberitaan, koordinator liputan (korlip), editor, kameramen dan reporter. Dalam rapat itu membicarakan apa saja yang dibahas tentang perencanaan peliputan kemudian ditentukan materi peliputan. Setelah itu di rapat itu juga ditentukan reporter dan kameraman mana yang bertugas mengambil gambar peliputan di lapangan, dan seisi ruangan rapat merancang wistlist (gambar). Setelah timbul kesepakatan maka reporter, kameraman dan koordinator lapangan turun ke lapangan untuk melakukan proses peliputan berita. Apabila berita tersebut siaran langsung maka korlip tersebut melakukan kontak dengan direktur pemberitaan di studio, jika tidak langsung maka berita itu kemudian diedit untuk menentukan berita mana yang pantas ditayangkan.

1. Produser Ekskutif (Executive Producer)

2. Produser

3. Direktur pemberitaan (News Director)

4. Koordinator Liputan (korlip)

5. Reporter

6. Juru Kamera (Cameramen)

 

• Direktur Pemberitaan : Seseorang yang independent tanpa tekanan politik dan ekonomi. Kebebasan informasi ini adalah hal yang menentukan kredibiltasnya dan ia membutuhkan akses untuk berhubungan langsung dengan produser di studio karena berita besar dapat terjadi dimana-mana. Ia juga butuh keputusan cepat untukmenyangkan informasi ini.

• Produser Eksekutif (Executive Producer) : Bertanggung jawab terhadap penampilan jangka panjang program berita secara keseluruhan. Ia juga harus memikirkansett ing, dekor, latar belakang atau tampilan suatu program berita yang akan menjadi ciri khas program beritanya. Ia berkonsultasi dengan direktur pemberitaan dan manajer, dan juga ia dapat mempertanggungjawabkan apabila rating program beritanya turun.

• Produser : Bertanggung jawab terhadap program program pemberitaan dan menyusun urutan beritanya.

• Produser Acara : Bertangguing jawab untuk mempersiapkan penayngan suatu program berita. Ia juga bertugas menyiapkan susunan berita yang isi beritanya dapat berupa grafik, VO ataure a d er.

• Produser Lapangan : Melakukan koordinasi pada saat peliputan dan biasanya ia bertugas di lapangn dengan mengarahkan reporter dan kameramen. Ia juga membantu reporter melakukan riset guna mendapatkan informasi yang diinginkan.

• Asisten Produser : Ia bertugas membantu reporter mempersiapakn paket berita apabila reporter dalamkeadaan mendesak seolah-olah ia menggantikan tugas reporter apabila reporter tidak dapat melaksanakan tugasnya.

• Presenter : Ia bertugas untuk membacakan naskah berita.

• Pengarah Program : Ia bertanggung jawab secara teknis atas kelancaran suatu program berita.

Published in: on February 15, 2011 at 8:33 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://danankphoenix.wordpress.com/2011/02/15/tim-kerabat-kerja/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: